- Iklan Bukan Pengeluaran, tapi Investasi!
- Biar Iklan Nggak Boncos Kamu Harus Optimasi Toko dulu
- Baca Performa Produk Sebelum Beriklan
- Cara setting Iklan di Shopee Biar Nggak Boncos
- Cara Memilih Kata Kunci Biar Iklan Shopee Nggak Boncos
- Cara menentukan Bid Iklan Biar Nggak Boncos
- Cara Memilih Pencocokan Luas atau Spesifik
- Cara Ngecek Performa Iklan Shopee Biar Nggak Boncos
- Cara Beriklan di Shopee Biar Nggak Boncos
Cara berikan di shopee biar nggak boncos , hayo siapa yang iklannya masih boncos, ngaku aja deh hehehe , tenang aja semua seller yang beriklan di shopee pernah mengalami boncos, termasuk saya juga kok wkwkwkw . yang penting mau beriklan aja dulu itu sudah bagus , berarti kamu termasuk seller yang serius ingin meningkatkan penjualan di toko shopee kamu
Beda halnya dengan seller yang nggak mau beriklan di shopee, hari gini ngandelin laris secara organik atau tanpa iklan saya rasa sangat berat , dengan lebih banyaknya seller baru yang jualan di shopee, dengan harga yang terkadang lebih murah bahkan mereka berani beriklan di shopee
Iklan Bukan Pengeluaran, tapi Investasi!
Sebelum terjun ke medan perang, penting banget buat siapin mindset yang bener. Banyak yang mikir pasang iklan di Shopee itu cuma buang-buang duit. Eits, jangan salah! Iklan itu investasi buat masa depan bisnismu.
Pikirkan gini, iklan yang tepat sasaran bakal bawa lebih banyak calon pembeli ke tokomu. Semakin banyak yang lihat, semakin besar peluang produkmu dibeli. Asal caranya benar, iklan Shopee bisa jadi mesin pencetak uang buat kamu!
Pernah enggak, sih, lihat toko sebelah laris manis, sementara kita masih adem ayem? Jangan-jangan, mereka punya jurus rahasia pakai iklan Shopee!
Baca Juga : Tips Mengelola Stok Barang untuk Menghindari Kehabisan atau Kelebihan Stok
Tenang aja di artikel kali ini saya akan sedikit sharing atau ngasih tips bagaimana cara beriklan di shopee biar nggak boncos , minimal itu aja dulu , sambil jalan bisa di ulik lagi sampai iklan shopee kamu bisa menghasilkan profit , langakah pertama :
Biar Iklan Nggak Boncos Kamu Harus Optimasi Toko dulu
Optimasi toko sangat penting sekali bahkan wajib kamu kerjakan. Apa saja yang perlu di optimasi :
Foto produk
foto produk kamu harus bagus , resolusinya bagus , minimal nggak burik atau ngeblur , edit dulu sebelum di uploud , kamu juga bisa ngasih misalnya detail produknya , kualitas produknya , promonya. Jangan lupa lengkapi juga dengan vidionya
Judul produk
judul produk juga sangat penting selain menunjukkan produk yang kamu jual, judul produk yang bagus atau hasil dari riset akan lebih mudah kebaca oleh algoritma shopee dan mudah di temukan oleh calon pembeli, jadi buat judul produknya jangan ngasal ya . karena ini pengaruh saat kamu mau beriklan di shopee biar nggak boncos
Desekripsi produk
didalam deskripsi produk kamu harus jelaskan secara detail lengkap, missal dari bahan, ukuran, warna, pengiriman. Nggak usah bertele tele langsung aja , karena user shopee masuk shopee tujuannya kalau nggak belanja ya ngcek tokonya sendiri sebagai seller
Dekorasi toko
dekor toko kamu sebagus mungkin , bisa kasih beberapa banner, kalau ada vidio boleh di kasih , dengan dekorasi toko yang bagus , user akan semakin betah berlama lama di toko kamu , kalau kamu bingung bagaimana dekor toko yag bagus , shopee sudah menyediakan beberapa pilihan tamplate banner , dan kamu juga bisa ATM ( Amati Tiru Modifikasi ) dari dekorasi seller lain
Aktifkan voucher
dengan mengaktifkan voucher-voucher toko kamu di shopee bisa membuat user tertarik dan mau segera cekout di toko shopee kamu , untuk voucher toko buat 5 voucher , nggak usah terlalu banyak nominalnya , missal 500-1000 perak , yang penting aktif aja vouchernya , kamu juga bisa aktifkan voucher lainnya , misal voucher ikuti toko , voucher produk dll , aktifkan juga promo lainnya misal paket diskon atau kombo hemat.
Berikan harga yang kompetitif
maksutnya sebelum kamu memutuskan menjual produk riset dulu , berapa kira-kira harga produk A atau produk serupa yang sama dengan produk yang kamu jual , jangan jual kemurahan atau kemahalan. Yaah intinya di Tengah Tengah lah yang penting profit nggak terlalu nipis banget , kalau terlalu nipis dapat capek doang hahaha
Baca Performa Produk Sebelum Beriklan
Cara ini untuk toko yang sudah beriklan tapi iklannya masih boncos , gini bro nggak semua produk itu bagus di iklankan , kadang ada juga produk yang jelek konversinya saat di iklankan , udah jalan iklan beberap bulan pun masih jelek konversinya , kamu pernah dengar kasus , banyak yang lihat banyak yang klik kok iklan saya boncos ya , kok yang beli sedikit ya , nah itu tuh yang saya maksut , coba deh kamu lihat gambar di atas , cara membaca performa produk
Silahkan masuk ke halaman seller center shopee lalu klik performa toko , setelah kamu klik halaman performa toko kamu akan di arahkan ke halaman berikut :
Setelah di arahkan ke halaman performa produk, silahkan kamu klik produk – performa produk sesuai tanda panah pada gambar , kamu filter 30 hari terakhir . setelah itu kamu akan di arahkan ke halaman berikut :
Langkah selanjutnya kamu klik menu performa produk dan jangan lupa juga filter 30 hari terkahir , kenapa harus 30 hari terakhir , ya karena kalau 7 hari terkahir datanya kurang bro atau terlalu sedikit , jadi butuh waktu 30 hari terakhir , menurut saya loh ini , okey lanjut aja dulu
Setelah kamu klik perofrma produk dan scroll ke bawah kamu akan di hadapkan seperti gambar di atas , Langkah selanjutnya kamu filter dulu , bagaimana caranya , lihat gambar di atas :
Langkah selanjutnya kamu filter beberapa pilihan sesuai dengan gambar sebelumnya , tujuannya buat apa itu ? ikuti aja dulu yah bro , setelah kamu filter sesuai gambar di sebelumnya, kamu akan di hadapkan pada gambar di atas
Nah ini yang paling penting biar iklan shopeemu nggak boncos terus , sebelum beriklan di shopee kamu fokus dan cek dulu Tingkat konversi pada masing masing produk , berapa % Tingkat konversi yang ideal untuk di iklankan , okey setiap seller punya rumus masing masing kalau saya pribadi minimal 2% , tingkat konversi di bawah 2% nggak saya iklanin
Lanjut ya bro , setelah kamu paham , okey kita lanjut kelangkah selanjutnya
Cara setting Iklan di Shopee Biar Nggak Boncos
Silahkan masuk ke halaman iklan shopee , setelah masuk ke halaman iklan shopee seperti gambar di atas , kamu klik buat iklan baru seperti gambar di atas lalu kamu pilih iklan pencarian
Setelah klik buat iklan baru kamu akan di bawah ke halaman seperti gambar di atas , sekarang kamu bisa ikuti sesuai tanda panahnya sebagai berikut :
- Tipe promosi , pilih produk
- Modal , untuk iklan di awal kamu kasih modal dulu sambil ngecek bagaimana performanya Ketika iklan sudah jalan , saya mencontohkan dengan modal 15.000/hari
- Periode , biasanya saya pilih tanpa batas
- Pengaturan produk , untuk pengaturan produk kamu pilih satu produk aja biar bisa setting secara manual , kalau kamu pilih beberapa produk nggak bisa setting manual jadinya iklan otomatis
- Pilih otomatis , untuk pilih otomatis di non aktifkan saja
- Tambah kata pencarian , di sini kita akan pilih kata kunci untuk iklan pencariannya
Setelah kamu klik tambah kata pencarian kamu akan di bawah kehalaman berikut untuk memilih kata kunci iklan , bagaimana cara memilih kata kunci iklan biar nggak boncos
Cara Memilih Kata Kunci Biar Iklan Shopee Nggak Boncos
Dari gambar di atas bagaimana saya mencontohkan memilih kata kunci yang tertarget dengan produk yang di iklankan , jangan pilih kata kunci yang terlalu luas , misalnya satu kata , produk di atas produk celana jeans pendek pria , maka fokuslah atau pilih kata kunci yang relevan dari kata kunci celana jeans pendek pria
Sekali lagi jangan gunakan kata kunci yang terlalu luas dan nggak jelas bro , berikut contoh kata kunci yang terlalu luas , tidak tertarget :
- Celana : celana tuh banyak celana apa yang kamu maksut , celana bayi kah , celana Wanita kah , celana legging kah , yang mana ? , nggak jelas kan , ini yang di maksut terlalu luas dan nggak tertarget
- Celana pria : ini juga sama terlalu luas dan kurang tertarget , celana pria itu banyak bro , ada celana pria cargo , celana pria chinos , celana pria joging dll
Paham kan bro , okey saya rasa dari sini sedikit banyak ngertilah ya apa yang saya maksut, kalau belum paham bisa di baca lagi secara berulang ulang , sambil ngopi biar lebih santai hehehe Lanjuttttt ,
Cara menentukan Bid Iklan Biar Nggak Boncos
Untuk bid iklan kamu nggak perlu menggunakan bid yang terlalu tinggi , untuk di awal saya mencontohkan pakai bid iklan Rp.301 , apa itu bid iklan , bid iklan adalah biaya yang kamu keluarkan Ketika ada user klik iklanmu di halaman beranda shopee , jadi kamu bayarnya per klik bro bukan pertayangan ya , kenapa kok Rp.301 kok ada angka ganjilnya ? itu cara saya bro , ikuti aja dulu hihihihi
Sambil jalan iklan kita cek terus performanya , apakah perlu Up bid atau down bid , dan ini juga nggak kalah penting , iklanmu harus jalan terus .
Cara Memilih Pencocokan Luas atau Spesifik
Untuk pencocokan luas atau spesifik di sini saya jelaskan dulu buat yang belum mengerti , buat yang udah mengerti silahkan baca point lainnya
Pencocokan luas , saat kamu pakai kata kunci celana jeans pendek pria dan ada user ngetik di pencarian shopee celana jeans pendek , kemungkinan besar iklan kamu bisa tampil di beranda shopee intinya kata kunci yang mirip mirip
Pencocokan spesifik , saat kamu pakai kata kunci celana jeans pendek pria dan ada user ngetik di pencarian shopee celana jeans pendek ( aja ) iklan kamu nggak akan tampil di beranda shopee, jadi menurut saya jangkauannya terlalu sempet. Di sini saya sarankan pakailah pencocokan luas
Setelah semua udah selesai dari memilih kata kunci , menentukan bid iklan , memilih pencocokan luas , silahkan klik konfirmasi , setelah klik konfirmasi kamu akan di bawah ke halaman seperti gambar di bawah ini
Setelah masuk di halaman seperti gambar di atas , disana ada pilihan mode dinamis , apa itu mode dinamis , modi dinamis adalah : Mode Dinamis akan otomatis menyesuaikan biaya per-klik kata pencarian manual (naik atau turun) sampai maks. 100%, untuk mendapatkan tingkat penjualan yang optimal. Di sini kamu boleh aktifkan boleh juga di non aktikan. Okey sekarang lanju ke pembahasan lainnya
Cara Ngecek Performa Iklan Shopee Biar Nggak Boncos
Cara ngecek performa iklan yang baru jalan , Langkah pertama fokos pada peringkat dulu , kalau peringkat terlalu jauh kamu bisa up bid dikit demi sedikit , misal bid awal kamu pakai Rp.301/klik kamu bisa up jadi Rp.321/klik , Rp.333/klik dan seterusnya , nggak perlu langsung naik pakai bid Rp.1500/klik , boncos lah bro
Menjalankan iklan shopee biar nggak boncos juga perlu kesabaran hehehe , jangan emosi apalagi sambil banting banting piring , jangan ya wkwkwkw
Biarkan iklan jalan dulu min selama 30 hari , biar cukup datanya , riset lagi kata kunci dan bid iklannya, setelah iklan jalan 30 hari apa yang harus dilakukan biar iklan di shopee nggak boncos ? kamu bisa Simak tips tambahan berikut
Cara Beriklan di Shopee Biar Nggak Boncos
Tips tambahan silahkan perhatikan gambar di atas , fokus pada biaya iklan dan omset yang di hasilkan dari iklan , hapus hapusin kata kunci yang tidak menghasilkan konversi atau penjualan hapusin juga kata kunci yang boncos , kalau saya pribadi min roas 10 , misal biaya iklan 500.000 omset min harus 5.000.000 kalau di bawah 5.000.000 saya udah anggap kurang bagus , tapi belum boncos , yah tergantung profit masing masing
Setelah kamu hapusin kata kunci yang nggak ada konversi atau kata kunci yang boros , kamu bis acari kata kunci lainnya dan jalankan lagi beberapa hari , lalu ulik lagi , riset lagi ulik lagi , sampai ketemu formula yang profit banget , uhuuiyyy
Kesimpulannya , tidak ada seller di seluruh dunia yang tidak pernah merasakan boncos saat beriklan , semua pasti pernah boncos , terus belajar , terus ulik , jika perlu ikut kelas online , belajar sama mentor yang paham bagaimana cara beriklan di shopee biar nggak boncos
Ikut kelas itu nggak ada ruginya kok bro , itu investasi juga buat kamu , toh kamu juga dapat ilmu daging dari mentor , di sini saya rekomendasikan kelas online shopee yang ilmunya daging banget ilmu yang di bagikan juga terus di update di sediakan juga group support , sekali bayar bisa belajar selamanya , kamu bisa daftar klik di bawah ini
Semangat ya bro , semoga iklanmu bisa profit banget dan nggak boncos lagi dan bisnisnya semakin berkembang pesat , ayo amin bareng bareng yang keras , amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin